Thursday, May 13, 2004

Persuasion

Gimana sih cara persuade orang?
Kalo gua kerja di bidang marketing bisa bangkrut perusahaannya... Gua paling ga bisa persuade orang... mungkin kalo gua jadi cowok.. gak bakal bisa dapet cewek hahahaha...

Kayak gini deh kemaren itu ada fundraising di gereja buat mother's day. Jadi youthnya bikin parcel gitu buat para suami kasihin ke wifeynya.. Nah gua nawarinnya gini "mm..ko kita ada fundraising mo bikin parcel gitu.. mm mau ga beli buat ci.... (the wife)?"
Trus da husband bilang.. "isinya apa?"
Terus gua bilang "lotion, bingkai foto bla bla bla.."
husband: "berapa harganya?"
Gua bilang:" $30.."
Husband: "ooo.."
Nah kalo dia ga langsung bilang iya.. gua tuh nganggep dia tuh ga mau.. trus anehnya pas ditanya sama anggota youth yang lain.. dia mauuuu... jd gimana yahh.. ????

Gua selalu kalo nawarin barang or ngajakin orang pergi pasti bilang gini.. "mmm kalo ga mau jg ga papa lohh.. aku ga maksa.."
padahal orangnya kalo diajak2in.. dirayu2 dikit jg mauu...
Jd kadang2 orang diajakin pergi tuh tadinya segen.. malu2 gitu apalagi kalo ga gitu kenal.. tp deep inside their heart.. with a little persuasion tuh sebenernya mereka mau jg ikut pergi. Cuman guanya yang ngajakin udah ga enak duluan... jadinya ga persuade.. akhirnya mrk ga ikutan pergi dehh..

Soalnya gua ga suka kalo kesannya maksa gitu.. gua ga suka maksaain kehendak.. soalnya ada orang2 yang annoying kadang2.. udah dibilang ga mau tetep aja dibujuk2... gua ga mau jd orang2 kayak gitu makanya gua berusaha untuk "menangkap" signal penolakan hahahaha...

Mungkin ya harus ada dikit persuasion tp jangan kelewat batas... soalnya orang Indo banyakan don't mean what they say..
Contohnya: dirumah orang... belom makan laperrrr bangettt... trus tuan rumahnya nanya.. "udah makan belom?"
Pasti rata2 orang indo bilang: "o udah kok tadi..." padahal makannya udah 10 jam yang lalu dan perut laperrrrrr hihihi.. tp nolak2 soalnya ga enakkk..
Bener gaa???

Mesti belajar lebih agresif nih...

No comments: